Cara Merawat Baju Batik Agar Tampak Selalu Baru

Begini Cara Merawat Baju Batik Agar Tampak Selalu Baru - Pakaian batik adalah salah satu item fashion yang hampir semua orang Indonesia pasti memilikinya. Dari kalangan muda hingga orang tua sangat suka dengan baju batik dan menganggap sebagai busana pilihan yang wajib di miliki. Dan hebatnya, batik sudah menjadi ciri Indonesia dan di akui oleh dunia sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia. Umumnya kita memilih baju batik ketika menghadiri acara khusus, sebagai pakaian kerja hingga saat datang di acara formal.

Cara Merawat Baju Batik Agar Tampak Selalu Baru


Ketika baju batik sering kita pakai, sudah pasti lama kelamaan akan lusuh dan warnanya lambat laun akan memudar. Agar pakaian batik kesayangan kita bisa lebih awet dan selalu kelihatan seperti baju baru, maka harus di lakukan perawatan yang baik dan benar. Silahkan simak beberapa cara di bawah ini jika ingin baju batik Anda lebih awet dan warnanya tidak cepat pudar :

1.Mencuci Baju Batik

Ketika akan mencuci busana batik, cobalah untuk mencucinya secara terpisah dengan pakaian yang lain. Anda juga bisa menggunakan sabun khusus jika ingin mencuci baju batik. Cara mencuci ini bisa bikin baju batik lebih awet dan warnanya juga tidak cepat pudar.

2.Mengeringkan Baju Batik

Setelah baju batik di cuci dengan bersih, maka jemurlah di tempat yang tidak terkana paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, jangan menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan baju batik karena bisa membuat pakaian batik jadi cepat rusak.

3.Menyetrika Pakaian Batik

Jika baju batik sudah kering dan ingin menyetrikanya, setrikalah pakaian batik Anda dengan cara yang benar. Hindarilah menyetrika batik secara langsung karena bisa menyebabkan warna batik jadi pudar. Semprot dulu kain batik pakai air kemudian taruh kain di atasnya. Selanjutnya, mulailah menyetrika baju batik. Cara ini bisa membuat baju batik tidak lusuh dan warna batik juga tidak mudah pudar.

4.Gunakan Parfum Untuk Baju Batik

Untuk menghindari supaya warna baju batik tidak cepat pudar dan batik tidak mudah lusuh sebaiknya hindarilah menyemprotkan parfum secara langsung ke pakaian batik. Jika tetap ingin pakai parfum, gunakan saja parfum di badan. Hal ini bisa bikin wangi batik menjadi tahan lama dan baju akan tampak seperti baru.

5.Menyimpan Baju Batik

Menyimpan baju batik juga tidak boleh sembarangan. Simpanlah baju batik di tempat yang bersih dan kering. Menyimpan baju batik bisa dengan di gantung atau di lipat yang rapi. Jangan pernah menyimpan baju batik di tempat yang lembab atau basah.






Cara Merawat Baju Batik Agar Tampak Selalu Baru