Faktor Penyebab Penyakit Kanker

Faktor Penyebab Penyakit Kanker - Di antara beberapa penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian adalah kanker. Semua orang pasti takut kalau terdiaknosis penyakit ini. Terjadinya penyakit kanker juga tidak langsung di ketahui, melainkan melalui gejala gejalan tertentu sehingga seringkali penderita tidak menyangka kalau terkena kanker. Penyakit kanker akan merusak tubuh dan kesehatan dengan cara yang sangat mengerikan, cepat dan juga mematikan. Untuk proses penyembuhan kanker pun juga tidak kalah menakutkan.

Penyakit Kanker


Dari data statistik pun juga menunjukkan kalau jumlah penderita penyakit kanker saat ini semakin bertambah. Hingga sekarang para peneliti terus berupaya melakukan penelitian terkait dan bagaimana perawatan dan pengobatan kanker. Untuk menghindari penyakit berbahaya ini. yang perlu diwaspadai oleh semua orang adalah penyebabnya. Di bawah ini ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab paling umum yang sering di temukan pada penderita kanker :

1. Faktor Gen

Dari beberapa tipe kanker, seperti kanker payudara yang banyak mengintai wanita disebabkan oleh gen. Hal ini seperti yang dialami oleh Angelina Jolie yang memiliki gen kanker payudara BRCA1 dan memutuskan untuk melakukan mastectomy. Apabila ada salah satu anggota keluarga Anda yang terkena kanker payudara, ada baiknya untuk selalu memeriksakan diri secara teratur.

2. Karena Merokok

Para pecandu rokok seringkali berdalih bahwa semua orang bisa terkena kanker paru-paru, bahkan buat mereka yang tidak pernah merokok sekalipun. Akan tetapi, ada statistik telah menunjukkan dengan jelas bahwa ada satu dari empat kasus kematian kanker paru paru disebabkan karena kebiasaan merokok. Merokok mampu meningkatkan resiko terkena kanker paru-paru, tenggorokan dan mulut. Bukan hanya itu saja, banyak sekali kematian akibat kanker juga diderita oleh mereka mereka yang hidupnya sering berdekatan dengan para perokok ( perokok pasif .)

3. Karsinogen

Kebiasaan buruk merokok akan menjadi salah satu kebiasaan yang bisa membuat zat karsinogen masuk ke tubuh kita. Akan tetapi ada hal lain juga. Zat karsinogen bisa berupa zat kimia beracun seperti dioxin, benzene, asbestos, vinyl chloride, dan lainnya. Beberapa virus seperti HPV juga bisa menjadi salah satu karsinogen alami yang akan menjadi pemicu kanker, yaitu kanker serviks.

4. Sengatan Sinar Matahari

Radiasi dari matahari merupakan salah satu penyebab kanker kulit. Banyak sekali orang yang tidak melindungi kulitnya dari sinar matahari terkena kanker kulit.

5. Faktor Usia

Usia juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang kena kanker. Semakin tua usia seseorang, maka akan makin tinggi juga risikonya akan terkena kanker. Bahkan faktanya, sebanyak 75 persen kasus kanker baru terjadi pada mereka mereka yang telah berusia di atas 60 tahun. Salah satu teori telah menyatakan bahwa semakin tua usia seseorang, maka pertahanan tubuh terhadap sel kanker akan semakin menurun.

Beberapa hal di atas merupakan penyebab umum yang bisa menyebabkan kanker. Selain hal hal yang ada di atas penyakit kanker juga bisa disebabkan karena gaya hidup yang tak sehat. Sehingga, di sarankan agar selalu menjaga kesehatan dengan cara melakukan gaya hidup yang baik dan sehat untuk menghindari .kanker. Mencegah lebih baik dari mengobati...






Faktor Penyebab Penyakit Kanker